Senin, 06 Juni 2016

MACAM-MACAM KURMA


Khasiat Dan Manfaat Kurma

Phoenix dactylifera atau kita lebih akrab menyebutnya dengan kurma adalah tumbuhan yang terkenal dan populer dari negeri Arab atau Uni Uni Emirat Arab. Buahnya yang unik, kaya nutrisi, di antaranya karbohidrat, serat, protein, vitamin C, mangan, air, dan sedikit lemak ini menjadi makanan favorit terlebih saat puasa Ramadhan.

1. Tahukah anda bahwa orang yang memakan 7 butir kurma ajwa setiap hari akan terhindar dari racun, sihir dan gangguan jin?

2. Percayakah anda bahwa ekstrak kurma bisa mengobati kemandulan wanita?

3. Tahukah anda bahwa makanan dan obat paling vital bagi astronot adalah kurma?

4. Tahukah anda bahwa sabut pokok kurma adalah pembersih yang paling baik bagi tubuh dan dapat melindungi dari penyakit-penyakit kulit?



5. Tahukah anda bahwa apabila kurma direbus dan diminum seperti teh maka bisa mendatangkan perasaan bahagia?

6. Tahukah anda bahwa setiap 100 gram kurma mengandung 318 kalori, setara dengan 315 kalori yang terkandung dalam setiap 100 gram madu?

7. Tahukah anda bahwa sebutir kurma bisa memberikan kalori yang digunakan untuk aktifitas seharian dengan penuh semangat?

8. Tahukah anda bahwa makanan paling baik untuk dikonsumsi oleh sahabat Nabi ketika perang adalah kurma, karena kurma dengan kalori yang tinggi akan mengaktifkan kelenjar adrenalin sehingga dia menjadi seorang yang berani dan tidak takut akan kematian?

9. Tahukah anda bahwa ada 1,450 jenis kurma di seluruh dunia?

10. Tahukah anda bahwa dari berbagai Fakta yg dinyatakan di atas, saya sendiri pun baru mengetahuinya...




“Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir” (Hadits Riwayat Bukhori Dan Muslim)



Jenis Jenis Kurma

1. KurmaAjwa


Kurma ini hanya tumbuh di tanah Madinah (Saudi Arabia) dan ini merupakan kurma favorit Nabi Muhammad SAW, warna hitam, tekstur lembut, Kurma ini tidak terlalu manis namun rasanya hampir mirip dengan kismis.

2. Kurma Sekki
Kurma Sekki
Kurma Sekki
Ada dua warna, atas kekuning-kuningan sedang bawah kecoklatan, bagian yang kuning kalau dimakan lebih keras, namun untuk yang berwarna kecoklatan biasanya rasanya empuk. Kurma ini memiliki tingkat kemanisan yang sedang.

2. Kurma Barhi
Kurma Barhi
Kurma Barhi
Kurma yang satu ini memiliki warna cokelat cerah., rasanya juga mirip dengan caramel. Kurma ini juga sering sekali ada pada hari-hari selain bulan ramadhan.

4. Kurma Kholas
Kurma Kholas
Kurma Kholas
Warna cokelat terang keemasan mirip kurma barhi, hanya saja ada citarasa coffee caramel, tekstur dagingnya lebih empuk rasanya juga tidak terlalu manis.

5. Kurma Khidri
Kurma Khidri
Kurma Khidri
Sekilas kurma ini mirip dengan Ajwa, tapi warna maron gelap lebih kering, kenyal, tidak terlalu manis paling banyak diproduksi, biasa digunakan bahan dasar olahan kurma, mulai dari kurma isi almond, orange, hingga campuran cokelat.

6. Kurma Mactoumi
Kurma Mactoumi
Kurma Mactoumi
Warna sedikit hitam kemerahan , permukaan agak keriput, kenyal, rasa manis.

7. Kurma Sokari
Kurma Sokari
Kurma Sokari
Tekstur kenyal lembut tapi ada juga jenis yang keras, paling disukai di Arab Saudi, sedikit kering dan manis.

8. Kurma Silaj
Kurma Silaj
Kurma Silaj
Warna cokelat kemerahan bentuk lonjong, tekstur lembut rasa manis sedang.

9. Kurma Majol
Kurma Majol
Kurma Majol
Warna cokelat sangat manis lembut dan kenyal, tekstur kurma ini juga berwarna cokelat yang mengkilap.

10.  Kurma Monief
Kurma Monief
Kurma Monief
Kurma monief ini berwarna cokelat terang, ukurannya tidak begitu besar,rasanya manis sedang dan memiliki tekstur yang lembut.


Wah banyak banget ya ternyata jenis kurmanya. Buat yang suka kurma, saya punya punya kurma Kholas Date Crown. Kurma sehat, Kualitas Premium :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar